Translate

membuat font pribadi

Font memang telah di sediakan di dalam berbagai pilihan dan fariasi, mulai dari Arial, times new roman, verdana dll. Tapi gimana kalau kita punya font sendiri /font pribadi yah di bilang aja misalnya font Garry(namaku),..hehehe...seru juga kan punya font pribadi apa lagi kita sendiri yang mengedit bentuk font itu, bisa jadi kaya tulisan kita sendiri. kan keren juga kalau di microsoftword pas mau ngetik ehh yang nongol font kita,,hehehe,.
ini juga bisa di manfaatkan seperti di fakultas kami yang sering nulis tangan laporan yang apa bila udah di jilit bisa setebal roti tawat yang di susun lima dengan tambahan keju di setiap lapisannya, kebayang kan gi mana tebalnya dan gi mana capenya nulis. nah kalau pake font pribadi kan udah jadi lebih gampang. tinggal di scan aja bahanya trus di pindahin jadi format PDF lalu di copas dehc,.gampang kan!!heheheh(tapi licik juga).
Terserah dehc di pake untuk apa ni font pribadi yang pasti tanggung masing - masing ya dosanya kalau di pake untuk kejahatan,.ok!!
kita mulai aja.
pertama kita buka program Private Character Editor yang dapat dilakukan dari menu Start > run , kemudian ketik eudcedit. Setelah itu akan muncul jendelah seperti di bawah ini:

kotak - kotak kecil di atas merupakan kotak penyimpanan karakter yang nantinya akan kita buat. Pilih kotak yang paling kiri dan paling atas agar saat membuat font dapat tersusun dengan teratur. Setelah itu klik Ok. Sekarang kita bisa membuat font kita, gunakan tools yang ada di toolbar sebelah kiri untuk mempermudah pembuatan font.


selain membuat manual karekter font kita juga dapat mengedit karakter dari suatu jenis font yang sudah ada yaitu dengan menggunakan menu edit > copy character..
kita juga dapat mengasosiasikan karakter yang kita buat untuk salah satu jenis font atau untuk semua jenis font (default). Untuk mengubahnya dilakiakan dari menu File > Links.. Jika sudah selesai simpan karakter tadi dengan menu Save Character atau Save Character As.. lakukan seterusnya sampai semua karakter yang kita buat selesai.

Nah selesai semuanya kita buka aplikasi di mana karakter yang kita buat tadi akan di gunakan. Dan kita buka Character Map, dari menu start > All program > Accessories > System Tools > Character Map. Apabilah sebelumnya kita mengalinkan karakter yangkita buat untuk semua jenis font maka pilih All Font (Private Charecter) atau jika kita mengelink-kan dengan font tertentu / font yang sudah ada maka carilah nama font tersebut yang ada nama (Private Character). Selanjutnya akan muncul daftar karakter yang telah di buat, pilih karakter yang akan digunakan dengan cara mengklik karakter tersebut lalu klik tombol select dan copy..selesai deh!!



Tulisan di atas berdasarkan pengalaman saya tidak menutup kemungkina ada kesalahan. jadi apabila teman - teman mempunyai pandapat , sanggahan atau cara yang lebih efektif atau lebih simple dalam pembuatan font pribadi atau ada pertanyaan mengenai pembahasan di atas sekiranya dapat meninggalkan kementar agar dapat menjadi pangalaman serta pelajaran untuk kita bersama.
Lihat juga :
arikel 1
artikel 2
artikel 3
artikel 4

Comments

POSTINGAN SEBELUMNYA