Translate

Apa itu Bitcoin? Apa fungsinya?


BITCOIN DAN MASA DEPAN UANG DUNIA
Apa itu bitcoin? mungkin pertanyaan ini pernah muncul dan terlintas dibenak kita, karena mungkin beberapa tahun belakangan ini banyak orang yang mulai membicarakanya. Bitcoin adalah mata uang cripto digital yang terdesentralisasi (bitcoin itu independen dan tidak diatur oleh lembaga / otoritas keuangan manapun seperti bank, paypal atau wastern union). Selain itu untuk mengirimkan bitcoin kita hanya memerlukan dompet bitcoin (yang kebanyakan gratis) dan alamat tujuan bitcoin kita serta koneksi internet, tanpa harus berhubungan dengan pihak ke 3 yang kita ketahui bersama bisa menarik pembayaran yang lumayan mahal pada setiap transaksi kita.

Bitcoin diciptakan oleh Satoshi Nakamoto yang entah sampai sekarang tidak ada yang mengetahui dengan pasti siapa Satoshi Nakamoto itu, tapi siapapun dia dan ada dimana dia sekarang yang pasti karena penemuanya ini kita bisa merasakan era baru/ masa depan transaksi independent dan murah tanpa harus menghambakan diri kita pada pihak ketiga.

Saya tidak akan terlalu membahas tentang teknologi Bitcoin yang memakai Blockchain karna akan saya bahas dalam sesi lain. Tapi pada intinnya Bitcoin itu menggunakan teknologi yang kita sebut diatas tadi Blockchain yang dengan teknologi ini semua transaksi sejak awal munculnya bitcoin sampai sekarang tercatat dalam Open Ledger (Buku Besar) yang di distribusikan ke jaringan bitcoin.

AWAL KEMUNCULAN BITCOIN
Sejak awal dirilis pada 3 januari 2009 Bitcoin ini tidak memiliki harga sama sekali. Sampai pada 22 mei 2010 transaksi pertama bitcoin terjadi. Sebanyak 10.000 BTC (bitcoin) ditukarkan dengan sebuah pizza. Jadi bisa dibilang saat itu untuk mendapatkan 1 buah Pizza dengan harga sekitar $14  atau sekitar Rp.182.000 kita memerlukan 10.000 BTC. Jadi bisa di katakan pada saat itu hanya dengan mempunyai uang $14 atau Rp.182.000 kita sudah bisa mendapatkan 10.000 BTC. Dan apabila penjual pizza itu masih menyimpan 10.000 BTC tadi sampai hari saya menulis blog ini (29 februari 2018) maka dapat dipastikan 10.000 BTC itu akan bernilai Rp.1.389.189.000 (satu milyar tiga ratus delapan puluh sembilan juta seratus delapan puluh sembilan ribu rupiah) atau $.102.902 karena harga untuk 1 BTC = IDR 139.406.000 dan akan terus naik mengingat Bitcoin yang terus ditambang setiap harinya akan terus berkurang sehingga mengakibatkan jumlah bitcoin di seluruh dunia yang hanya berjumlah 21.000.000 BTC (sampai hari ini sudah 16.886.762 BTC yang telah di tambang itu berarti tingal tersisa 4.113.238 BTC lagi yang belum di tambang) menjadi semakin langkah. Apabila Bitcoin mulai sedikit maka akan berpengaruh pada makin sulitnya penambangan Bitcoin dan selanjutnya apabila Bitcoin sudah tidak bisa di tambang lagi makan harga bitcoin akan melambung tinggi seiring dengan kelangkahannya.


Ini adalah harga Bitcoin saat saya menulis blog ini pada website vip bitcoin 
Pada website diatas itu kita dapat bertransaksi bitcoin (membeli dan menjual bitcoin) dan mengambil profit dari selisi kenaikan bitcoin. 

CARA MENDAFTAR VIP BITCOIN
Untuk mendaftar/ membuat akun di Vip bitcoin anda dapan mengklik tombol INI.
setelah itu anda masukan data data pribadi anda tapi ingat jangan masukan data - data palsu anda karena tidak dapat di verifikasi oleh pihak bitcoin indonesia.
Untuk  pendaftaran sedikit ribet karena kita harus menunggu pihak bitcoin indonesia memverifikasi data - data pribadi yang telah anda masukan tadi. Setelah proses verifikasi berhasil barulah anda dapat melakukan deposit dan transaksi di bitcoin.co.id
"pembahasan lebih lanjut dan lebih detail akan saya sediakan di artikel selanjutnya"

CARA MENDAPATKAN DOMPET BITCOIN
Untuk mendapatkan dompet bitcoin ada banyak cara. Salah satu caranya adalah membuat akun di Vipbitcoin yang sudah saya jelaskan tadi. Jika anda sudah mempunyai akun di vip bitcoin maka anda akan secara otomatis mempunyai dompet bitcoin.
Selain di vip bitcoin anda juga dapat mendownload dompet gratis seperti EXODUS yang dapat anda download secara gratis di SINI.
"pembahasan lebih lanjut dan lebih detail akan saya sediakan di artikel selanjutnya"

Sekian dulu ulasan saya tentang Bitcoin. Apabila teman - teman mempunyai pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel saya dapat meninggalkan komentar di kolom komentar dibawah.



Comments

POSTINGAN SEBELUMNYA